Prodi Manajemen Bisnis Sebarkan Virus Wirausaha Kepada Mahasiswa UPI

Bandung, UPI

Mahasiswa UPI yang sukses dalam kegiatan wirausahanya dan mendapatkan penghargaan dimana-mana, tapi kegiatan akademiknya terbengkalai bahkan sampai terlupakan, jangan berharap bisa menyandang status “The Ambassador of Business Eduprenereur” karena bagi kita, hanya pendidikan lah yang mampu menyelaraskan semua aspek kehidupan.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Program Studi Pendidikan Manajemen Bisnis FPEB UPI Dr. Lili Adi Wibowo, MM., saat ditemui dalam acara The Ambassador of Business Eduprenereur, penganugerahan duta business edupreneur UPI bagi mahasiswa & siswa SMA/SMK yang kreatif dan inovatif menjalankan bisnis dan prestasi kuliah/sekolah, di Gedung Ahmad Sanusi, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Kamis (30/10/2014).

Dr. Bowo menjelaskan,”Tujuan kita (Prodi Manajemen Bisnis) memberikan anugerah ini adalah untuk menularkan virus wirausaha kepada seluruh mahasiswa UPI, juga sebagai usaha untuk ikut mensukseskan program pemerintah dalam mencetak wirausaha dikalangan mahasiswa sebagai bagian dari peningkatan softskills, namun karena UPI berbasis pendidikan, maka kita ingin menularkan virus tersebut dengan syarat, yaitu mahasiswa harus memiliki komitmen terhadap pendidikannya dan memiliki IPK lebih dari 3.5, jadi ada keseimbangan antara bisnis dan kuliah”.

Mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki bisnis yang inovatif, kreatif dan memiliki komitmen terhadap penyelesaian akademiknya akan kita jadikan model pendidikan bahwa bisnis dan pendidikan tidak terlepaskan sebagai satu kesatuan. Penyebaran virus ini akan memunculkan identitas UPI karena aktifitasnya berbau pendidikan, sementara di tempat lain programnya telah kehilangan identitas. terangnya.

“Kita ingin menjadi trendstter dalam mencetak entrepreneur yang menerapkan nilai-nilai pendidikan. Prodi Pendidikan Manajemen Bisnis ingin menjawab tantangan bahwa mahasiswa kami memiliki softskills yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis. Bisnis dan pendidikan harus berjalan beriringan sejalan dengan visi misi UPI,” ungkapnya.

Dosen akan berperan sebagai gate keeper, agar mahasiswa tidak keasyikan dan kebablasan dalam berbisnis yang pada akhirnya pendidikannya terbengkalai.

Harapan Prodi adalah bahwa kegiatan  ini dapat menjadi agenda rutin, sehingga peran Prodi akan terasa lebih aktif dalam hal-hal yang bersifat konkrit.

Diungkapkan, di tahun ini kita kembali menemukan bisnis hebat yang memiliki omset 32jt/bulan dengan IPK 3.65 atas nama Sinthya Audi Poetry. Bisnis online yang dilabeli “MAYOUTFIT” ini menjual knitwear, kemeja, dan kaus, memulai usaha sebagai reseller, namun sekarang telah mampu memproduksi sendiri.

Berikut adalah nama-nama pemenang dari masing-masing kategori, diantaranya;

Pemenang dengan nominasi The Best Marketer dengan nama bisnis Mayoutfit dari Pend. Manajemen Bisnis atas nama Sinthya Audi Poetry dan Intan Fazria Kusumah, Pemenang dengan nominasi The Best Beginner dengan nama bisnis Keripik Suhong dari IEKI atas nama Erik Sopian, Pemenang dengan nominasi The Best Creative dengan nama bisnis Quartinez Art House dari IPSE atas nama Chika Laraswati Putri, Pemenang dengan nominasi The Best Inspiration dengan nama Bisnis Erfolg Gryllidae dari Pend. Manajemen Perkantoran atas nama Larasati Khrisna Dewi, Pemenang dengan nominasi The Best Inovative dengan nama bisnis Dexter dari Pend. Teknologi Agroindustri atas nama Gibran Sapta Wigoena. Pemenang The Best Of The Best diraih oleh Sinthya Audi Poetry dengan nama MAYOUTFIT.

Sementara untuk kategori SMA/K, diantaranya Pemenang dengan nominasi The Best Marketer dengan nama bisnis DOLATO dari SMAN 8 Bandung atas nama An Nissa Ayu Mutia, Nur Azizah Rahmiani, Sonya Mega Daniswana, Dini Islamiati, dan Nurbaety Tsani, Pemenang dengan nominasi The Best Beginner dengan nama bisnis SOJASIX dari SMAN 6 Bandung atas nama Indri Noviawati, Cintia Kurnia Rahmawati, Mentari Yudhaninggar, dan Nadya Arista Wardah, Pemenang dengan nominasi The Best Creative dengan nama bisnis HAND MADE & HOME MADE dari SMAN 8 Bandung atas nama Muhammad Nusantara, Bella Putri, Karina Amanna Fadhistri, Irayani Hanifa, Dan Tasha Khamista Ramadhani, Pemenang dengan nominasi The Best Inovative dengan nama bisnis JOY PAPER JAM dari SMKN 13 Bandung atas nama Syifa Dwi Hastin, Virna Cynthia Putri, dan Hendra Kurniawan. Pemenang The Best Of The Best diraih oleh SMAN 8 Bandung. Semua aktifitas pebisnis terangkum dalam website dagang yang akan dilauch bulan depan. Alamat situsnya businesseduprenereur.com.  (berita.upi.edu-Dodiangga)